Selasa, 31 Oktober 2017

KEGIATAN OUTBOUND DIPANTAI BLADO YANG MENYENANGKAN


KEGIATAN OUTBOUND
SMPN 1 MUNJUNGAN


Outbound training adalah bentuk pembelajaran perilaku kepemimpinan dan manajemen di alam terbuka dengan pendekatan yang unik dan sederhana tetapi efektif karena pelatihan ini tidak sarat dengan teori-teori melainkan langsung diterapkan pada elemen-elemen yang mendasar yang bersifat sehari-hari, seperti saling percaya, saling memperhatikan serta sikap proaktif dan komunikatif. Dimensi alam sebagai obyek pendidikan bisa menjadi laboratorium sesungguhnya dan tempat bermain yang mengasyikan dengan berbagai metodenya.

Tujuan Outbound :
  1. Mengetahui dan memahami adanya “individual differences” yaitu tiap individu adalah unik. 
  2. Mampu melakukan penilaian pada diri sendiri “Self Assessment” bahwa kekuatan diri ada pada tangan kita sendiri dan pada pilihan- pilihan kita.
  3. Meningkatkan kepekaan “Self Awareness” terhadap orang lain.
  4. Meningkatkan kepercayaan diri dan keberanian mengambil risiko “Risk Taking Behavior”.
  5. Meningkatkan ketrampilan komunikasi.
  6. Mampu membuat perencanaan dengan pertimbangan risiko dan konsekuensinya.
  7. Mampu membentuk tim yang efektif / kekompakan.
  8. Meningkatkankemampuan kepemimpinan.
  9. Menumbuhkan sikap ksatria dan sport


SMP Negeri 1 Munjungan pada hari minggu, 23 Oktober 2018 mengadakan kegiatan outbound dipantai Blado, Munjungan. Kegiatan ini di ikuti 300 siswa terdiri dari kelas VII, VIII  dan siswa Kelas VIIII dan 16 guru pendamping . Peserta outbound berangkat dari rumah jam 07.00 WIB. sebelum berangkat menuju tempat outbound dipantai blado, Munjungan siswa diberi pengarahan dari instruktur kemudian dibagi menjadi beberapa kelompok dalam permainan. Sesampainya di sana, siswa harus mencari kelompoknya untuk memulai permainan. Kegiatan outbound ini bertujuan Melatih kemampuan konsentrasi, berfikir analistik, komunikasi efektif, berinteraksi dan bekerja sama, Menyelasaikan Masalah (Problem solving), Motivation Training ( menumbuhkan motivasi belajar, Malatih Kecerdasan Emosional dan Spiritual.

Berbagai macam ekspresipun tampak dari wajah-wajah siswa-siswi tersebut, ada yang bersemangat dan tidak sedikit juga yang ketakutan. Para siswa merasa senang dalam mengikuti outbound ini. Pada kelompok yang mendapat juara I diberikan hadiah dari pihak penyelenggara , Sekitar jam 16.00 acara pun selesai, setelah makan siang yang sudah disediakan oleh panitia.

















0 komentar:

Posting Komentar