Selasa, 31 Oktober 2017

KEGIATAN PRAMUKA SMPN 1 MUNJUNGAN


KEGIATAN PRAMUKA
SMPN 1 MUNJUNGAN




Gerakan pramuka sebagai satu-satunya wadah kegiatan kepanduan di sekolah SMPN 1 MUNJUNGAN merupakan tempat pendidikan bagi anak-anak yang dilaksanakan dengan penuh kegembiraaan, penuh pendidikan dan dilakukan di luar jam-jam sekolah maupun jam-jam keluarga. Sebagai satu-satunya kegiatan kepanduan, pramuka diharapkan dapat memberikan peranan penting dalam peningkatan dan pembentukan sikap dan mental peserta didik pada sikap yang baik. Sikap baik dalam arti berakhlaq mulia, sopan santun, rasa cinta kasih sesama, patriot, suci dalam segala pikiran maupun perbuatan, bertaqwa kepada tuhannya, dan segala sikap yang lain. Pendek kata diharapkan anggota pramuka dapat melaksanakan Dasa Dharma dan Tri Satya yang merupakan kode etik dan janji pramuka.

Untuk lebih berperan aktif dalam pembentukan sikap, dalam gerakan pramuka perlu adanya keseragaman langkah bagi pengelola gerakan pramuka yang tergabung dalam suatu gugus depan. Ada keterkaitan erat antara siswa didik sebagai anggota pramuka, pembina pramuka dan unsur majelis pembimbing gugus depan. Tanpa kerja sama yang baik dari unsur-unsur tersebut rasanya tidak mungkin pramuka berperan aktif dalam pembentukan sikap peserta didik.

Oleh sebab itu untuk penyelarasan dan penyeragaman langkah, perlu disusun suatu program kerja gugus depan yang berisikan segala sesuatu yang dapat mengatur langkah dan gerak dari gugus depan tersebut. Program kerja sebagai rambu-rambu pelakasanaan kegiatan kepanduan di sekolah SMPN 1 MUNJUNGAN merupakan acuan yang wajib dilaksa-nakan oleh unsur-unsur pengelola gugus depan tersebut.


Minggu pagi yang cerah, 16 Oktober 2018. Siswa kelas 7 SMP Negeri 1 Munjungan anggota pramuka gugus depan sedang melaksanakan jelajah searah sekaligus jelajah alam di kecamatan Munjungan.
Rasa kagum dan takjub begitu menyelimuti setiap derap langkah kami. Sama halnya denga tujuan diadakan acaraini, agar kita senantiasa mencintai alam dam mengenal alam sebagai ciptaan tuhan Yang Maha Besar, dan sebagai wadah pendidikan menambah wawasan dan  dan juga untuk pengembang diri bagi peserta didik anggota pramuka.

Sekitar pukul 12.00 siang jelajah alampun dimulai. Pada jelajah kali ini angota pramuka harus melewati 4 pos sebelum mencapai ke finish. Di setiap pos tentu ada berbagai macam tugas yang harus mereka selesaikan. Dari start menuju ke finish kami juga ditugasi untuk membuat peta pita. Di pod pertama kami ditantang untuk mengerjakan sandikotak I dan II. Sedangkan di pos 2 kami diberi tugas untuk ceck in anggota regu kami kepada panitia yang bertugas. Perjalanan dari pos 1 menuju ke pos 2 begitu sangat menantang. Di perjalanan kami melewati persawahan, sungai, dan ladang jagung yang rimbun. Di ladang jagung tersebut banyak jalan yang dapat kita lewati, tetapi para senior pramuka telah menyiapkan berbagai tanda jejak pada jalan yg membingungkan tersebut, dan juga telah disiapkan beberapa senior untuk menjadi pos bayangan yang berfung pnunjuk arah jika peserta melewati jalan yang salah. Di lanjut ke 3 kami ditantang untuk menunjukkan aksi kami tentang gerak-gerak dasar PBB, juga penilaian SKU tentang baris berbaris. Di pos terakhir kami dieri tugas untuk mengumpulkan semua tugas yang telah diberikan.


0 komentar:

Posting Komentar